Bar Bender

Tanggal :07/10/2021 16.27.00 Penulis : Juni setiawan

Bar Bender 

merupakan alat yang dapat membengkokan besi baja tulangan dalam beberapa macam sudut sesuai dengan keinginan yang anda harapkan atau perencanaan. Distributor Bar Bender adalah alat atau mesin yang digunakan untuk menekuk besi ulir atau baja dengan diameter yang sesuai dengan mesin yang digunakan.


Cara kerja alat ini adalah baja yang akan dibengkokkan dimasukkan di antara poros tekan dan poros pembengkok kemudian diatur sudutnya sesuai dengan sudut bengkok yang diinginkan dan panjang pembengkokkannya. Ujung tulangan pada poros pembengkok dipegang dengan kunci pembengkok. Kemudian pedal ditekan sehingga roda pembengkok akan berputar sesuai dengan sudut dan pembengkokkan yang diinginkan.


Bar Bender dapat mengatur suhu pembengkokan tulangan dengan mudah dan rapih. PT. Getar Gemilang Sakti sebagai Distributor Bar Bender ada dua macam, diantaranya:

Bar Bender Listrik 

adalah Bar Bender yang di gerakan dengan tenaga listrik untuk membengkokan baja atau tulangan , yang digunakan dalam membengkokan baja tulangan utama.

Bar Bender Manual

merupakan Distributor Bar Bender yang di gunakan manual oleh pekerja untuk membengkokan baja tulangan baja tambahan dilokasi pemasangan tulangan apabila besi tulangan tidak dapat dipasangkan karena ukuran besi yang tidak tepat. 


PT. Getar Gemilang Sakti sebagai Distributor Bar bender memungkinkan kita untuk membengkokan besi tanpa harus mengerahkan besaran tenaga yang berarti. Lebih praktis daripada hanya mengandalkan kunci baja tulangan dan patokan tekuk sederhana. Sama halnya dengan alat pemotong, kapasitas alat penekuk ini juga bervariasi sesuai jangkauan ukuran diameter besi yang diusung. Jadi dari kapasitas tersebut kita dapat mengaturnya sesuai kebutuhan.


Distributor Bar bender bekerja dengan mengandalkan 2 poros utama yakni poros tekan dan poros tekuk serta sebuah roda untuk membekokan. Pembengkokan kita awali dengan memasukan batangan baja melalui poros tekan hingga masuk ke bagian poros tekuk. Disini kita pun dapat mengatur besaran sudut tekuk.


Setelah posisi baja sudah tepat kita perlu menguncinya lebih dulu. Baru setelah terkunci kita bisa menekan poros tekan yang membuat roda berputar sehingga batangan besi pun tertarik ke dalam dan berhasil ditekuk.

Batangan baja yang sebelumnya telah dipotong bisa mulai kita bengkokan menggunakan alat ini dengan memperhatikan pola pada rancangan rangka.


Pada proses pembetonan pola tekukan pun cukup beragam. Untuk satu potongan besi ada yang dibuat menjadi ring (dengan bentuk tertentu contoh, persegi, persegi panjang, trapezium, dan sebagainya), pola U, pola L, dan lain – lain.


Bar Cutter Untuk mendapatkan baja tulangan dengan ukuran yang sesuai dengan gambar, maka baja tulangan yang tersedia perlu dipotong, dengan alat Bar Cutter.Keuntungan dari bar cutter listrik dibandingkan bar cutter manual adalah bar cutter listrik dapat memotong besi tulangan dengan diameter besar dan dengan mutu baja cukup tinggi, disamping itu juga dapat mempersingkat waktu pengerjaan.


Cara kerja alat ini yaitu baja yang akan di potong akan dimasukan kedalam gigi bar cutter , kemudian pedal pengendali dipijak dan dalam hitungan detik tulangan baja akan terpotong. Pemotongan untuk baja tulangan yang mempunyai diameter besar dilakukan satu persatu. Sedangkan untuk baja yang diameternya lebih kecil, pemotongan dapat dilakukan beberapa buah sekaligus sesuai dengan kapasitas dari alat.


Bar Cutter ada dua macam : 

Bar Cutter Listrik, adalah Bar Cutter yang digerakkan dengan tenaga listrik untuk memotong baja tulangan, yang digunakan untuk memotong seluruh baja tulangan utama. 

Bar Cutter Manual, adalah Bar Cutter yang dioperasikan secara manual oleh pekerja untuk memotong baja tulangan tambahan di lokasi pemasangan tulangan.

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot